10 Mobil Sport Eksotis Buatan Tangan Bagian 1

10 Mobil Sport Eksotis Buatan Tangan Bagian 1

10 Mobil Sport Eksotis Buatan Tangan Bagian 1 – Pada tanggal 1 Desember 1913, Henry Ford memperkenalkan jalur perakitan bergerak pertama untuk kendaraan produksi massal dan mengubah manufaktur mobil selamanya. Metode ini telah menjadi sangat baik sehingga produsen mobil seperti Toyota dapat memproduksi secara massal lebih dari 7,6 juta unit sementara pembuat supercar seperti Ferrari mendorong keluar 8.400 unit baru/tahun. Akibatnya, membeli banyak mobil eksotis berperforma sangat tinggi menjadi lebih mudah. Selama uang bukanlah objek, kebanyakan model dapat dengan mudah dibeli dari dealer mobil kelas atas.

Tetapi pembeli tidak serupa, beberapa menginginkan eksklusivitas dan selalu memilih model produksi terbatas yang mungkin menjadi klasik masa depan. Alasan mengapa hanya sedikit unit yang dibuat adalah karena kebanyakan dari mereka adalah buatan tangan. Membuat dan merakit mobil yang seharusnya melaju ke utara 200 mph dengan andal adalah hal yang mahal; itu sebabnya supercar ini berakhir dengan biaya jutaan dolar.

1. Ferrari P4/5 oleh Pininfarina

Ferrari P4/5 (alias ‘Glickenhaus’) buatan tangan oleh Pininfarina – coachbuilder yang sangat populer dan bersertifikat di Italia. Mereka membuat supercar satu kali untuk James Glickenhaus yang didasarkan pada Ferrari Enzo. Dibandingkan dengan Enzo, itu lebih ringan (2646 lbs vs 3.260 lb), dan lebih tampan. Tujuan utamanya adalah untuk menunjukkan kepada dunia bahwa rumah desain masih bisa menghadirkan mahakarya setelah mobil rancangan Pininfarina mereka sebelumnya berdasarkan 612 Scaglietti mendapat banyak kritik.

Apakah Pininfarina berhasil? Ya, Ferrari bergaya spektakuler yang seluruhnya terbuat dari serat karbon yang menyerupai pembalap Le Man kuno. Dan itu meningkatkan Enzo dalam banyak hal, lebih ramping dan memiliki distribusi bobot yang lebih baik dan aerodinamis yang mengesankan (lebih banyak downforce, dan lebih sedikit drag). Ferrari 612 P4/5 memiliki mesin V12 6.0 liter yang sama dengan Enzo dikawinkan dengan transmisi semi-otomatis 6 kecepatan yang mampu menghasilkan 660hp pada 7800 rpm dan torsi 484 lb-ft pada 5500rmp. Hal ini dapat mencapai 60 mph hanya dalam 3 detik.

2. Lamborghini Veneno – $3,9 Juta

Bahasa desain agresif Lamborghini menggunakan panel miring dan sirip bermata tajam memberi dunia mobil buatan tangan yang unik, ringan, ramping dengan mesin V12 740-tenaga kuda yang mampu menghasilkan torsi 509 lb-ft pada 5.500 rpm yang disebut Veneno. Diperkenalkan pada tahun 2013, itu dibuat untuk merayakan ulang tahun ke-50 Lamborghini dengan lari terbatas hanya 9 roadster dan tambahan untuk pengujian pabrik.

Sasis monocoque Veneno sepenuhnya terbuat dari serat karbon, sedangkan subframe depan dan belakang menggunakan aluminium. Di dalamnya ada interior berteknologi tinggi dengan dasbor serat karbon, layar besar, dan balutan kulit Italia yang dijahit tangan. Ia dapat melakukan 220mph, berakselerasi dari 0–60 mph hanya dalam 2,8 detik, dan menghasilkan 1,41 G di tikungan saat menempuh jalan berkelok-kelok.

3. Bugatti Veyron Super Sport – $2,4 Juta

Veyron Super Sport adalah supercar yang dibangun berdasarkan apa yang dipelajari pabrikan Italia tentang Veyron. Ini dapat berakselerasi dari 0 -60 dalam 2,5 detik yang menakjubkan dan berlari dengan kecepatan tertinggi 268-mph. Tenaga Veyron Super Sport berasal dari mesin W16 8-liter quad-turbocharged, yang memiliki intercooler dan turbocharger yang diperbesar yang memastikan 1.200 tenaga kuda dan torsi 1.106 pound-feet.

Untuk alasan keamanan, kecepatan tertingginya dibatasi hingga 258 mph karena ban Michelin spesialnya ($ 42.000) hanya bisa bertahan 15 menit pada kecepatan itu. Pada saat yang sama, tangki 26,4 galonnya hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk disedot hingga kering. Semua panel bodinya terbuat dari serat karbon yang memberikan bobot tanpa muatan sebesar 4162 lbs. Karena hanya 2 unit yang dapat dirakit dengan tangan setiap minggunya, hanya 48 pembeli yang beruntung yang mendapatkannya. Masing-masing memiliki tutup bensin yang dipersonalisasi dengan inisial pemiliknya, bukan inisial Ettore Bugatti.

4. Pagani Zonda Cinque – $2 Juta

Zonda Cinque Roadster adalah hypercar lain yang sangat indah namun langka yang sebagian besar dibuat dengan tangan. Bagian Cinque dari namanya yang merupakan bahasa Italia untuk 5, menunjukkan jumlah unit yang diproduksi. Roadster ini adalah versi terakhir dari supercar Zonda dan menggunakan serat karbon-titanium Pagani. Perusahaan Italia mengklaim bahannya lebih ringan (menghasilkan berat hanya 2.662 lbs.) dan lebih kuat dibandingkan dengan serat karbon biasa.

Mercedes AMG-nya yang bersumber dari 7.3 liter naturally aspirated V12 dikawinkan dengan transmisi sekuensial multi-program robot 6-percepatan. Mesin menghasilkan 678bhp dan mampu menghasilkan torsi 575 lb.-ft pada 4000rpm. Ketika datang ke angka kinerja, Zonda Cinque Roadster dapat mencapai 60 mph hanya dalam 3,4 detik dan kecepatan tertinggi 217 mph.

5. Aston Martin One-77 – $1,5 Juta

Supercar yang terinspirasi balap seperti Aston Martin Valkyrie yang gila dan super langka. Pada tahun 2008, Aston Martin One-77 yang supercar yang sangat mahal adalah proyek serupa. Namanya menunjukkan jumlah mobil yang diproduksi, hanya 77. Pertama kali dikirim pada tahun 2011, mobil sport buatan tangan ini menggunakan karbon monocoque yang dipasang pada sasis aluminium, lampu pesanan, roda, pintu, dan sistem pembuangan sport ringan stainless steel.

Di bawah kapnya yang memanjang terdapat mesin AM Cosworth V12 7,3 liter yang tidak menggunakan induksi paksa yang dikawinkan dengan transmisi manual otomatis 6-percepatan. Keduanya memastikan 0 – 62 mph butuh waktu kurang dari 3,7 detik.